Monday, January 25, 2016

Nitama, Kucing Yang Menjadi Kepala Stasiun Baru Kishi Jepang

Satu lagi keunikan dari negara Jepang yakni menjadikan kucing sebagai kepala sebuah stasiun! Nah, postingan aku kali ini mau bahas tentang seekor kucing bernama Nitama yang diangkat sebagai kepala stasiun baru di Jepang. 




Nitama bukan kucing pertama yang menjadi kepala stasiun Kishi, sebelumnya ada kucing bernama Tama yang menjadi maskot stasiun tersebut. Tapi sayangnya Tama meninggal pada Juni 2015 lalu. Nah sebelumnya, ternyata kucing betina ini bukan satu – satunya yang jadi  kandidat pengganti Tama. Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Wakayama Electric Railway, ada kucing lain yang dicalonkan menjadi pengganti Tama, kucing tersebut bernama Sun Tama-Tama.



Nitama sendiri merupakan bawahan Tama sejak tahun 2012 lalu. Nitama juga udah lulus dari Sekolah Pelatihan Kepala Stasiun Kucing. Maka dari itu dia lah yang terpilih jadi kepala stasiun baru. Nitama  juga dianggap yang paling menonjol karena ia punya kemampuan memakai topi. 


Setelah kepala stasiun yang baru ditunjuk, bukan berarti Tama dilupakan. Ada sebuah monumen yang yang menampilkan patung perunggu Tama, dibangun di samping sebuah kuil kucing. Letaknya di samping pohon, tempat di mana Tama biasa menyaksikan bunga sakura mekar, dan meliha kereta dan stasiun kereta Kishi. Ini dia foto atasannya Nitama sebelumnya. Menurutku warna dan motif bulu Tama dan Nitama nggak jauh beda ya. 


Prestasi terbesar Tama selama masa jabatannya adalah menyelamatkan stasiun kereta dari kehancuran finansial. Dilansir dari CNN, karena kehadiran Tama di stasiun itu berhasil menarik pengunjung juga penggemar hewan dari seluruh dunia. Dan akhirnya, jalur kereta Kishi tetap dapat memberikan layanannya untuk warga setempat. Wah! Semoga Nitama bisa bertanggung jawab menjalankan tugas barunya deh. Semoga bermanfaat yaa.

20 comments:

  1. Lucu ya ndut2 kucingnya gemes 😘😍 kirain beneran jadi kepala stasiun yang ngelola stasiun nya langsung hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya! kalo di indonesia ada sih kucing2 di stasiun tp palingan kucing liar hehe

      Delete
  2. kalo menurut kaka kalo misalnya di indo ada seperti itu gimana yah ?

    mohon responnya kaka maya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhmm kalo menurut aku pribadi sih itu sebagai bentuk untuk untuk menarik perhatian, dengan adanya kucing yang dilatih jadi stasiunnya jadi ramai... kalo diindo ada seperti ini aku setuju banget! nunggu keretanya jadi gak bosen deh hehe

      Delete
  3. Jadi kalau 1 kucing bisa menyelamatkan 1 stasiun, butuh berapa buat menyelamatkan negara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dari masalah stasiun atau negara itu sendiri sih mnurut aku, karena menyelamatkan negara gak selalu diselesain dengan seekor kucing :)

      Delete
  4. Hal ini apakah di buatkan film khusus di jepang? Seperti anjing shiro itu looh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo dijadikan film kayaknya belum ada berita mengenai itu deh, tapi semoga ya dibuatkan film dokumenter kucing Tama :)

      Delete
  5. Kangen Tama TT . TT
    Semoga Nitama bisa berkerja seperti Tama, yg ndut itu~

    ReplyDelete
  6. iyaaap, aku pun belum sempet liat tama huuf :(

    ReplyDelete
  7. coba stasiun di Indo kaya gini duhhh lucu bangetttt

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iyaa, indo harus banyak perbaikan dulu sih hehehe

      Delete
  8. Replies
    1. siapa nih ? nitama atau tama ? hehe dua2nya lucuu

      Delete
  9. Sisi lain dari negeri jepang, acung jempol buat rasa kepedulian sama hewan dan ide-ide kreatifnya

    two thumbs up ..

    ReplyDelete
  10. Kok bisa sihh? Parah kucing aja jadi masinis ? Ini bener2 kemajuan yang luar biasa
    Tp ini ga bahayakan hehe

    ReplyDelete